Kusumayani, Diah (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 023899 KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111013 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
109111013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
109111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109111013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109111013 BAB I.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
109111013 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
109111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Masalah umum dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 023899 Kota Binjai. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia diduga disebabkan oleh beberapa faktor. Dalam hal ini, yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh faktor sikap, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 023899 Kota Binjai dengan jumlah populasi sebanyak 35 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang menggunakan teknik sampling total dengan kriteria derajat kebebasan n-2. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan metode explanatory menggunakan data kuantitatif. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap siswa, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Untuk variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang didalam hal ini adalah perolehan nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) pada semester ganjil.Berdasarkan analisis data pada uji regresi ditemukan bahwa sikap siswa, motivasi belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah masing-masing memiliki nilai koefisien sebesar 0,475; 0,427; 0,699; dan 0,572. Selain itu, koefisien determinasi menunjukkan bahwa keempat variabel bebas memberikan pengaruh sebesar 54,7% terhadap hasil belajar siswa, selebihnya dijelaskan oleh faktor-faktor belajar yang lain.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor sikap, motivasi belajar, lingkungan keluarga,dan lingkungan sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, baik secara parsial maupun simultan yang berarti baik atau buruknya hasil belajar yang diperoleh siswa tergantung pada kualitas keempat faktor belajar tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Kus f |
Keywords: | Hasil Belajar; Sikap; Motivasi; Lingkungan Keluarga; Lingkungan Sekolah; Pelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 08:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7518 |