Liu, Aries Surya (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE THINK PAIR AND SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SD NEGERI 020259 BINJAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311009 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
109311009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
109311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
109311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
109311009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109311009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
109311009 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
109311009 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109311009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode Think Pair and Share dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Negeri 020259 Binjai, Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan karena tidak tuntasnya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang disebabkan karena siswa merasa bosan dalam mengikuti pelajaran, karena metode yang digunakan guru masih bersifat konvensional, aktivitas guru hanya berfokus pada buku pembelajaran, dan kurang menggunakan media pembelajaran. Sehingga saat diadakan evaluasi siswa selalu saling mencontek, sehingga tidak ada persaingan diantara siswa dalam mengerjakan latihan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode Think Pair and Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 020259 Binjai, Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan metode Think Pair and Share bahwa pada pre test terdapat 6 orang siswa (24%) yang mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal dengan nilai rata-rata 52. Pada siklus I terdapat 15 orang siswa (60%) yang mencapai tingkat ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 66,8 dan pada siklus II terdapat 24 orang siswa (96%) yang mencapai tingkat ketuntasan klasikal dengan nilai rata-rata 82,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Think Pair and Share pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi Negara Kesatuan Republik Indonesiadi kelas V SD Negeri 020259 Binjai, Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini menunjukkan bbahwa penggunaan metode Think Pair and Share pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam materi Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.890 4 Liu m |
Keywords: | Hasil Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Think Pair and Share; Pembelajaran PKN; Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7499 |