Batubara, Ulfa Devika (2014) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI RA NURUL FADHILAH MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113061 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109113061 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
109113061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109113061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109113061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109113061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113061 BAB I.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
109113061 BAB V.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109113061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
109113061 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah 1. Sistem pendidikan yang lebih memfokuskan pada kemampuan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung (calistung), 2. Permainan yang monoton, 3. Anak kurang berempati dengan temannya, 4. anak kurang bekerja sama dalam kelompok, 5. Kurang menunjukkan ekspresi emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan permainan tradisional terhadap kecerdasaan emosional anak usia 4 - 5 tahun di RA Nurul Fadhilah Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelompok A yang ada di RA Nurul Fadhiilah Medan yanng berjumlah 30 orang. Sampel akan dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 15 anak dan kelas kontrol sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis (Uji-t). Hasil analisis data observasi akhir kecerdasan emosional anak dengan menggunakan uji homogenitas, diperoleh F _hitung =2,09 < nilai F _tabel =2,48 (homogen). Uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 diperoleh t _hitung (4,87) dengan t _tabel (2,04), maka disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari pemberian permainan tradisional terhadap kecerdasan emosional anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Fadhilah Medan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan tradisional ular naga dapat mempengaruhi kecerdasan emosional anak. Oleh karena itu, kegiatan permainan tradisional ular naga dapat dijadikan salah satu alternatif dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia 4-5 tahun di RA Nurul Fadhilah Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.83 Bat p |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Permainan Tradisional; Nilai Budaya; Pengaruh Permainan; Anak |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7464 |