SARI, WENNI NOVITA (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI KELAS IV SD NEGERI 060791 MEDAN AREA TAHUN AJARAN 2013 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111027 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1101111027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (916kB) | Preview
1101111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
1101111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
1101111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
1101111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
1101111027 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
1101111027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
1101111027 BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
1101111027 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1101111027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
IPA sering dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran sehingga banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA sangat rendah Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi panas dan energi bunyi dengan menggunakan model pembelajaran scramble di kelas IV Medan AreaPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas PTK Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 060791 Medan Area tahun ajaran 2013 2014 sebanyak 1 kelas yaitu 27 orang siswa yang terdiri dari 13 siswa laki laki dan 14 siswa perempuan Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan Pelaksanaan Pengamatan dan refleksi Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasiHasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060791 Medan Area menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang berjumlah 27 orang siswa Dari hasil pre test diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 4 orang 14 81 yang tidak tuntas sebanyak 23 orang 85 19 dengan nilai rata rata kelas 37 77 Setelah dilaksanakan siklus I diperoleh siswa yang tuntas belajar 11 orang siswa 41 yang tidak tuntas 16 orang siswa 59 dengan nilai rata-rata kelas 60 37 Melihat dari hasil perolehan nilai pada siklus I maka perlu dilakukan tindak lanjut pada pada siklus II diperoleh siswa yang tuntas belajar 25 orang siswa 92 6 yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa 7 4 dengan nilai rata rata kelas 91 11 Peningkatan hasil belajar dari keadaan awal pre tes ke seiklus I sebesar 26 19 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 51 6 Hasil observasi guru diperoleh pada siklus I pertemuan pertama dengan menggunakan model pembelajaran scramble rata rata 62 5 tergolong rendah lalu dilakukan tindakan siklus I pertemuan kedua diperoleh rata rata nilai 73 6 tergolong sedang Dan setelah dilakukan siklus II pertemuan pertama diperoleh nilai rata rata 81 9 tergolong tinggi dan siklus II pertemuan kedua diperoleh nilai rata rata 944 tergolong sangat tinggiDari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 060791 Medan Area Tahun Ajaran 2013 2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sar m |
Keywords: | Hakekat belajar; Hasil belajar; Metode pembelajaran; Scramble; Materi pembelajaran; Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7455 |