Arita (2013) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERBICARA BERPASANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELAS A DI TK AISIYAH BLANGKEJEREN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098001 COVER.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
109098001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
109098001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
109098001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109098001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109098001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109098001 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
109098001 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109098001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Kurangnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam menerapkan teknik berbicara berpasangan Guru kurang memotivasi anak dalam mengembangkan bahasa khususnya berbicara. kurangnya kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan paseh Anak kurang lancar dalam berkomunikasi/ berbicara. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK AISIYAH Pengkala Blangkejeren. Semester genap tahun ajaran 2012/2013.Tuti Lestari (2010) mengemukakan berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk menngekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Menurut Ijoni (2009:23.63) pembelajaran kooperatif adalah mengelompokkan anak di dalam kelas ke dalam suatu kelompok kecil agar anak dapat bekerja sama dengan kemampuan maksimal yang mereka miliki dan pelajari satu sama lain dalam kelompok tersebut.Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian terdiri dari 2 siklus, siklus I dan II masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Dalam setiap siklus dan pertemuan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. isterumen dalam penelitian ini digunakan lembar observasi kemampuan berbicara anak.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun yang berjumlah 20 orang, yang terdiri 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah teknik berbicara berpasangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, pengumpulan data dilakukan dengan observasi.Hasil analisis data observasi awal diperoleh pada siklus pertama pertemuan ke dua adalah 3 atau 15% pada tingkat kemampuan berbicara anak baik sekali. Pada siklus kedua pertemuan ke dua adalah 10 atau 50% pada tingkat kemampuan berbicara anak baik sekali. Hasil penelitian menunjukan bahwa mengunakan teknik berbicara berpasangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak A TK Aisiyah Blangkejeren. Disimpulkan bahwa teknik berbicara berpasangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 Ari u |
Keywords: | Berbicara; Tahapan perkembangan; Penguatan kosa kata; Bahasa lain; Metode pembelajaran; Teknik berbicara; Langkah - langkah. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7424 |