MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI NO. 102051 MANGGA DUA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hasibuan, Ari Prima Putra (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI NO. 102051 MANGGA DUA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109026015 COVER.pdf]
Preview
Text
109026015 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109026015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109026015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109026015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109026015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109026015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109026015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
109026015 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
109026015 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 BAB I.pdf]
Preview
Text
109026015 BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 BAB V.pdf]
Preview
Text
109026015 BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 109026015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109026015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di kelas III selama ini hanya berpusat pada guru, guru berada di depan hanya denan ceramah dan siswa menyimak apa yang dikatakan oleh sang guru. Hal ini mengakibatkan tingkat minat belajar siswa kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS pada meteri denah dan peta setelah menggunakan metode demontrasi siswa kelas III SD Negeri No. 102051 Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi.Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di kelas III SD Negeri No 102051 Mangga Dua T.P 2012/2013, dengan jumlah siswa 30 orang. Adapun objek penelitian ini adalah minat belajar siswa, sebagai alternatif tindakan yang diambil untuk meningkatkan minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini terdiri dari II siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti terlebih dahulu tahap observasi dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa lebih lanjut. Kemudian diakhir siklus I dan siklus II secara bersamaan peneliti melakukan observasi terhadap kegiatan belajar siswa.Setelah dilakukan penelitian diproleh kesimpulan bahwa minat belajar IPS materi denah dan peta siswa kelas III SD Negeri No. 102051 Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Tahun Pelajaran 2012/2013 pada tes awal adalah dengan nilai rata-rata hasil minat belajar siswa 100% kurang berminat. Hasil belajar IPS materi denah dan peta kelas III SD Negeri No. 102051 Mangga Dua Kecamatan Tanjung Beringin Tahun Pelajaran 2012/2013 pada siklus I adalah berminat dengan nilai rata-rata 46,67% atau meningkat 46,67%. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan minat belajar siswa dengan nilai rata-rata 40,00% (katagori sangat berminat). Ini bermakna penerapan metode demonstrasi meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi denah dan peta sebesar penggunaan terjadi peningkatan minat belajar siswa sebesar 40,00%. Adanya peningkatan minat belajar siswa dari tes awal hingga siklus II, memberikan gambaran bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar mata pelajaran IPS siswa pada tema hiburan dengan materi denah dan peta. Disarankan kepada guru-guru lain untuk menggunakan metode demonstrasi ketika proses pembelajaran berlangsug karena dengan menggunakan metode demonstrasi ketika proses pembelajaran merupakan langkah awal dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.89 Has m
Keywords: Belajar; Hasil belajar; Metode; Demonstrasi; Kriteria keberhasilan; Hipotesis penelitian.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 09:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7398

Actions (login required)

View Item
View Item