Ritonga, Idayati (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OBSERVASI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI NO 104314 DOLOK MASIHUL T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313133 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313133 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
108313133 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
108313133 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313133 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
108313133 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
108313133 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313133 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108313133 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313133 BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
108313133 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
108313133 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
108313131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
108313131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
108313131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode observasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No. 104314 Dolok Masihul T.A 2012/2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri No.104314 Dolok Masihul pada pelajaran IPA dengan menggunakan metode observasi.Penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 104314 Dolok Masihul yang berjumlah 29 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi. Objek penggunaan metode observasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi peristiwa alam di Indonesia.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I pertemuan I dan pertemuan II, siklus II pertemuan I dan pertemuan II.Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui padas iklus I pertemuan I dan pertemuan II, terdapat 21 orang siswa (72,41%) yang memperoleh hasil belajar tuntas, 8 orang siswa (27,58%) yang memperoleh hasil belajar tidak tuntas. Pengamatan yang dilakukan terhadap guru menunjukkan nilai rata-rata 80. Pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II, terdapat 29 orang siswa (100%) yang memperoleh hasil belajar meningkat. Dan hasil pengamatan guru menunjukkan nilai rata-rata 90-34%.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode observasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri No. 104314 Dolok Masihul T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Rit m |
Keywords: | Hasil belajar; Faktor - faktor; Metode pembelajaran observasi; Keunggulan dan kelemahan; Mata pelajaran IPA di SD; Hipotesis tindakan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7392 |