Gultom, Masro Juliana (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SAINS SISWA KELAS IV SD NEGERI 101883 L.MANIS TG.MORAWA T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111039 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109111039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
109111039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
109111039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109111039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
109111039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109111039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
109111039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109111039 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109111039 BAB I.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
109111039 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109111039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan pada pembelajaran di SD yang diteliti adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang mengaktifkan siswa, siswa kurang memahami materi pelajaran, kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan guru sehingga siswa kurang menyukai pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya mutu pebdidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penggunaan model pemebalajaran talking stick pada mata pelajaran SAINS dengan materi rangka manusia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SD N 101883 Limau Manis Tanjung Morawa T.A 2013-2014 dengan jumlah 43 orang, yaitu 23 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refisi. Masing-masing dilaksanakan dua kali pertemuan dalam setiap siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi dan angket untuk mengukur tingkat aktivitas belajar siswa, dimana lembar observasi adalah alat pengumpul data yang utama dan angket adalah pendukung. Lembar observasi meliputi lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa, dan angket hanya untuk siswa. teknik analisis data yang digunakan dengan memakai analisis pembelajaran. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata aktivitas belajar sebesar 39,90% menunjukkan bahwa aktivitas siswa masih sangat rendah. Pada siklus I pertemuan 2 dengan rata-rata 49,86% juga masih tergolong sangat rendah. Dan pada siklus II telah mengalami peningkatan yaitu pada pertemuan 1 dengan rata-rata sebesar 64,68%, siklus II pertemuan 2 yaitu sebesar 88,15%. Maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami banyak peningkatan dibandingkan kondisi pada siklus I. Sedangkan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, peneliti telah mengalami peningkatan dari siklus ke siklus selanjutnya. Yaitu dengan nilai persentase 72,5 % pada siklus I pertemuan 1, 82,5% pada siklus I pertemuan 2, 87,5 % pada siklus II pertemuan 1 dan 95% pada siklus II pertemuan 2. Hal ini menunjukkan bahwa peneliti telah melakukan aktivitasnya dengan sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pmebelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran SAINS materi pokok rangka manusia di SD N 101883 L.Manis Tg.Morawa T.A 2013-2014. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran talking stick dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran SAINS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Gul p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Pendekatan Pembelajaran; Sains; SD; Rangka Manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 07:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7372 |