MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101880 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013

Sibarani, Hartha L (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101880 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111030 COVER.pdf]
Preview
Text
109111030 COVER.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 109111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 101880 Tanjung Morawa Jalan Batang Kuis No.1 Tanjung Morawa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery pada pokok bahasan sifat-sifat cahaya dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dan dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101880 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/1013 dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri dari 23 perempuan dan 17 laki-laki. Waktu penelitian dilaksanakan mulai dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2013.Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pre test kepada 40 orang siswa untuk mengetahui letak kesulitan siswa pada materi pokok gaya sifat-sifat cahaya. Kemudian di akhir siklus I dan siklus II diberikan post test I dan post test II.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada tes awal dari 40 orang siswa sebesar 48.00 dimana terdapat 8 orang siswa yang tuntas (20%) dan sebanyak 32 orang siswa (80%) yang belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata dari 40 orang siswa meningkat menjadi 67.12 dimana terdapat 21 orang siswa (52.5%) yang memperoleh nilai tuntas dan 19 orang siswa (47.5%)yang belum memperoleh nilai tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata dari 40 orang siswa meningkat menjadi 81.00 dimana terdapat 36 orang siswa (90%) yang memperoleh nilai tuntas dan 4 orang siswa (10%) yang belum mendapat nilai tuntas. Pada hasil pengamatan observasi yang dilakukan guru dengan menggunakan metode Discovery pada siklus I masih dalam kategori Cukup atau hasilnya 66.25% dan pengamatan observasi yang dilakukan guru pada siklus II dengan menggunakan metode Discovery sudah dalam kategori tuntas atau berhasil dengan nilai 92.00%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sifat-Sifat Cahayakelas V SDN 101880 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013,sehingga pembelajaran dengan menggunakan metode Discovery dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372 35 / Sib /m
Keywords: HAKIKAT BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; MODEL PEMBELAJARAN ; DISCOVERY ; IPA CAHAYA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 02:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7370

Actions (login required)

View Item
View Item