Janiar, Pristi (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMETODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 116260 SIMONIS, AEK NATAS LABUHAN BATU UTARA T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111049 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
109111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
109111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
109111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
109111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
109111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109111049 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109111049 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
109111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
109111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancaradengan guru kelas V ditemukan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 116260masih rendah. Menurut Nasution, dkk (2007 : 6.22) Metode brainstorming adalahcara mengajar yang dilaksanakan oleh guru dalam kelas dalam melontarkan suatumasalah, kemudian siswa menjawab atau menyatakan pendapat atau komentarsehingga mungkin masalah tersebut menjadi masalah baru atau diartikan pulasebagai suatu cara untuk mendapatkan banyak ide dari seluruh siswa dalam waktuyang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajarsiswa dengan menggunakan metode Brainstorming pada pelajaran IPA kelas VSDN 116260 Simonis Kec. Aek Natas Kab. Labuhan Batu Utara T.P. 2012/2013.Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaranmetode Brainstorming. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VSDN 116260 Simonis Kec. Aek Natas Kab. Labuhan Batu Utara T.P 2012/2013yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes danobservasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I dan siklusII. Data dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata hasilbelajar sebesar 53,5 dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikalyaitu 7 orang siswa (23,3%). Setelah pelaksanaan siklus I, nilai rata-rata siswameningkat menjadi 64,50 dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secaraklasikal yaitu 17 orang siswa (56,7%). Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-ratasiswa meningkat menjadi 76,50 dengan tingkat ketuntasan hasil belajar siswalebih meningkat yaitu sebanyak 26 orang siswa (86,7%). Berdasarkan temuan darihasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Brainstorming dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Sumber DayaAlam kelas V SDN 116260 Simonis Kec. Aek Natas Kab. Labuhan Batu UtaraT.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 35 / Jas / m |
Keywords: | HASIL BELAJAR MODEL ; PEMBELAJARAN ; BRANSTORMING ;IPA ; MODEL ; SUMBER DAYA ALAM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7365 |