Akhadi, Emha Fidiyan (2013) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MANUAL DEXTERITY DI KELAS IV SDN 050702 KEPALA SUNGAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111020 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
109111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
109111020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
109111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
109111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109111020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
109111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
109111020 BAB I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
109111020 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
109111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurang terampilnya siswa kelas IV SD Negeri 050702 Kepala Sungai dalam menulis karangan narasi. Hal ini menyebabkan nilai menulis karangan siswa menjadi rendah dan tidak mencapai KKM yang telah ditentukan sekolah, yaitu 60. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa dan mendorong siswa agar mampu mengembangkan keterampilan menulisnya dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai masukan bagi guru untuk mengaplikasikan pendekatan pembelajaran Manual Dexterity pada pembelajaran menulis.Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 050702 Kepala Sungai pada tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 11 orang siswa dan 11 orang siswi. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap penelitian, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan Manual Dexterity.Data hasil observasi penelitian diperoleh dari nilai rata-rata keterampilan menulis siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang siswa pada siklus I sebesar 99,43 dan persentase keterampilan menulis siswa hanya mencapai 51,77%, atau hanya 10 orang siswa yang mengalami peningkatan belajar, ini masih tergolong rendah. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menulis karangan narasi adalah siswa kesulitan menentukan tema/ide pokok dalam karangan dan merangkai kata menjadi kalimat yang tepat. Selain itu siswa cepat bosan dan kurang termotivasi untuk menulis karangan narasi. Setelah diberikan tidakan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata keterampilan menulis siswa menjadi 154,78 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 81,39% atau sebanyak 20 orang siswa yang telah mencapai peningkatan belajar dan 2 orang siswa tidak mencapai ketuntasan belajar atau sebesar 18,61%. Hasil observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran juga meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 66,6 dan meningkat sebesar 20,8% pada siklus II menjadi 87,9. Dengan demikian keterampilan menulis siswa mengalami peningkatan pada tiap siklus.Pendekatan Manual Dexterity sangat baik digunakan dalam pembelajaran menulis karangan narasi, juga dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan pada pembelajaran menulis karangan narasi. Diharapkan pendekatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan dalam bentuk tulisan lainnya seperti deskripsi, eksposisi dan argumentasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Manual Dexterity dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada kelas IV SD Negeri 050702 Kepala Sungai 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 6 /Akh / m |
Keywords: | KARANGAN ; NARASI ; MENULIS ; KETERAMPILAN ; BAHASA INDONESIA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7359 |