MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI POKOK SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 104209 SAENTIS, KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Yuliyanda (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY PADA MATERI POKOK SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN DALAM MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 104209 SAENTIS, KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 COVER.pdf]
Preview
Text
109111065 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
109111065 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
109111065 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111065 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 109111065 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111065 BAB I.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sumber daya alam dengan lingkungan di kelas IV SD Negeri 104209 Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pokok sumber daya alam dengan lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV.Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104209 Saentis yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Kriteria ketuntasan belajar didasarkan pada ketuntasan secara individu dan secara klasikal dengan kriteria ketuntasan minimal 70 bagi individu dan ketuntasan klasikal mencapai  80%.Berdasarkan analisis data pada kondisi awal terdapat 10 siswa (25%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata kelas 57,37 Dari hasil post test siklus I terdapat 22 siswa (55%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan rata-rata kelas 69,62. Data ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 30% dari tes awal. Dari hasil post test siklus II terdapat 36 siswa (90%) yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan rata-rata kelas 81,66 Data ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 35% dari post test siklus I. Dari temuan dan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok sumber daya alam dengan lingkungan dalam mata pelajaran IPA di kelas IV. Oleh karena itu disarankan untuk guru agar dapat menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebagai upaya untuk neningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Yul u
Keywords: Hakikat belajar; Hasil belajar; strategi belajar; Pembelajaran kooperatif; Two stay two stray; IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 06:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7350

Actions (login required)

View Item
View Item