Sinaga, Rane Marena (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 096742 SIMPANG IV KECAMATAN RAYA KAHEAN TA 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311085 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
109311085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
109311085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
109311085 ABSTAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109311085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
109311085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109311085 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
109311085 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
109311085 BAB I.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
109311085 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109311085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, proses pembelajaran yang masih monoton dan pemilihan model pembelajaran yang tidak tepat dan kurang berpariasi. Dan dengan menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya di kelas V SD Negeri 096742 Simpang IV Kecamatan Raya Kahean Tahun Ajaran 2012/2013.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Cahaya Dan Sifatnya di kelas V SDN 096742 Simpang IV Kec Raya Kahean TA 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dan alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes (Pre Tes, Post Tes I, Post Tes II) dan lembar observasi untuk siswa dan Peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 096742 Kec Raya Kahean dengan jumlah 21 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar IPA dikelas V SD Negeri 096742 Simpang IV Kec Raya Kahean.Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu peneliti memberikan Pre Tes terhadap siswa, dan terlihat hanya 3 siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar (14,29%) dan 28 orang yang belum tuntas dalam belajar (85,71%). Setelah dilakukan Siklus I dengan menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu ada 10 orang siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar (47, 6%) dan 11 orang siswa belum tuntas belajar (52,4%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa yaitu terdapat 19 orang siswa yang tuntas belajar atau sebesar (90,48%), sedangkan 2 orang siswa yang tidak tuntas belajar atau sebesar (9,52%).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah digunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme, hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi Cahaya Dan Sifat-Sifatnya di kelas V SD Negeri 096741 Simpang IV Kec Raya Kahean meningkat, sesuai dengan hasil yang diperoleh dari siklus I dan Siklus II. Dengan menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme serta melibatkan siswa secara langsung dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keaktifan siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 35 / Sin / m |
Keywords: | BELAJAR ; HASIL BELAJAR ; SD ; ILMU PENGETAHUAN ALAM ; MEDEL PEMBELAJARAN ; KONSTRUKTIVISME ; CAHAYA ; SIFAT CAHAYA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7341 |