Nurhayati (2013) PENERAPAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 3 KUTAPANJANG GAYO LUES TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109099022 LEMBAR PENGESAHAAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109099022 COVER.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109099022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
109099022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
109099022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109099022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109099022 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109099022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109099022 BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
109099022 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109099022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Collaborative Learning pada penyelesaian soal tentang materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 3 Kutapanjang Tahun Ajaran 2012/2013.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan model Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 3 Kutapanjang Gayo Lues Tahun Ajaran 2012/2013?Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes dan data kualitatif berupa observasi.Penerapan model Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari mulai tes awal (pre tes) hingga pada siklus II. Pada tes awal yang dilakukan sebelum siklus I, ada 7 orang siswa (28%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 47,8. Ketuntasan belajar pada tes siklus I mencapai 12 orang siswa (48%) dengan nilai rata-rata 62,4. Dan ketuntasan belajar siswa pada siklus II mencapai 23 orang siswa (92%) dengan nilai rata-rata 85,8. Kegiatan penelitian guru pada pertemuan pertama siklus I nilai rata-rata sebesar 55,64 (sangat cukup), dan pada pertemuan kedua siklus I nilai rata-rata sebesar 62,90 (cukup). Pada pertemuan ketiga siklus II nilai rata-rata sebesar 78,22 (Baik), dan pada pertemuan ke empat siklus II nilai rata-rata sebesar 88,70 (Baik). Sementara aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I rata-rata 55,76 (sangat buruk), dan pada pertemuan kedua siklus I rata-rata 67,30 (cukup). Pada pertemuan ketiga siklus II nilai rata-rata sebesar 80,76 (baik), dan pada pertemuan ke empat siklus II nilai rata-rata sebesar 88,46 (baik).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Collaborative Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 3 Kutapanjang Gayo Lues Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nur p |
Keywords: | Hasil belajar; Colaborative learning; IPA; SD; Cahaya; Sifat. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7339 |