Riadoh (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADAPELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 076 PANYABUNGAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311089 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
109311089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
109311089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109311089 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109311089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109311089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109311089 BAB I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
109311089 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada pelajaransains materi pokok cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 076Panyabungan T.P. 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimeningkatnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran sains materi pokok cahayadan sifat-sifatnya dengan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teachingdi kelas V SD Negeri Negeri 076 Panyabungan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjekpenelitian sebanyak 40 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V SD padatahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran sainsberlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulismelakukan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalahdeskriptif kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Berdasarkan hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa secaraindividu pada siklus I pertemuan I, sebanyak 3 siswa (7,50%) memiliki kriteriaaktivitas belajar kategori tinggi, sebanyak 9 siswa (22,50%) memiliki kriteriaaktivitas belajar kategori sedang, dan sebanyak 28 siswa (70,00%) memilikikriteria aktivitas belajar kategori rendah. Hasil observasi terhadap aktivitas belajarsiswa secara individu pada siklus I pertemuan II, sebanyak 12 siswa (30,00%)memiliki kriteria aktivitas belajar kategori tinggi, sebanyak 13 siswa (32,50%)memiliki kriteria aktivitas belajar kategori sedang, dan sebanyak 15 siswa(37,50%) memiliki kriteria aktivitas belajar kategori rendah. Hasil observasiterhadap aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus II pertemuan I,sebanyak 25 siswa (62,50%) memiliki kriteria aktivitas belajar kategori tinggi,sebanyak 14 siswa (35,00%) memiliki kriteria aktivitas belajar kategori sedang,dan sebanyak 1 siswa (2,50%) memiliki kriteria aktivitas belajar kategori rendah.Hasil observasi terhadap aktivitas belajar siswa secara individu pada siklus IIpertemuan II, sebanyak 38 siswa (95,00%) memiliki kriteria aktivitas belajarkategori tinggi, dan sebanyak 2 siswa (5,00%) memiliki kriteria aktivitas belajarkategori sedang.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategipembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa padamata pelajaran sains materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 076Panyabungan Kecamatan Panyabungan T.P. 2012/2013. Disarankan kepada guruuntuk menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dalammeningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 076 Panyabungan T.P.2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 357 / Ria /u |
Keywords: | AKTIVITAS BELAJAR ; STRATEGI PEMBELAJARAN ; QUANTUM TEACHING ; CAHAYA ; SIFA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7337 |