PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA SISWA KELAS IV (EMPAT) MENGGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Nasution, Novrika Warini (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA SISWA KELAS IV (EMPAT) MENGGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109311071 COVER.pdf]
Preview
Text
109311071 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 109311071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109311071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 109311071 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109311071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 109311071 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109311071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 109311071 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109311071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 109311071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
109311071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 109311071 BAB I.pdf]
Preview
Text
109311071 BAB I.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 109311071 BAB V.pdf]
Preview
Text
109311071 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 109311071 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109311071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournamen (TGT) dengan Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 106178 Desa Baru Kecamatan Batang Kuis pada tanggal 22 April 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen hasil belajar dan diuji melalui statistik Uji–t. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar -0,9 untuk nilai pretes dan t hitung sebesar 1,26 untuk nilai Posttest. Sedangkan nilai t tabel pada taraf signifikan 0.05 dan dk = (n1+n2-2), maka dk = 20 diperolehnilai tTabel 1.00.Dengan demikian dapat diinterpretasikan bahwa pada hasil perhitungan data pretes tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen karena thitung ≤ tTabel (0,91 ≤ 1) sehingga H0 diterima. Namun setelah diberikan perlakuan kepada kelas eksperimen terlihat perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan, dan didapat nilai thitung ≥ tTabel ( 1,26 ≥ 1) sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Gamest Tournamet) dalam menyampaikan materi pada pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.705 Nas p
Keywords: Pembelajaran; Kooperatif; Teams tournament; Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7328

Actions (login required)

View Item
View Item