MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DI KELAS V SDN 104233 BANDAR LABUHAN T.A 2012/2013

ulfa, madina (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DI KELAS V SDN 104233 BANDAR LABUHAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 109111036 COVER.pdf]
Preview
Text
109111036 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
109111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
109111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
109111036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
109111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
109111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
109111036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 BAB I.pdf]
Preview
Text
109111036 BAB I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 BAB V.pdf]
Preview
Text
109111036 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 109111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
109111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan T.A 2012/2013?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan T.A 2012/2013.Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model kooperatif tipe TAI . Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Tes hasil belajar digunakan untuk melihat hasil belajar kognitif, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar afektif dan psikomotorik serta tingkat keberhasilan peneliti dalam menerapkan model TAI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan.Hasil penelitian yang didapatkan adalah baik kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada saat pretes tingkat ketuntasan klasikal hanya 21,875% atau 7 siswa saja yang tuntas. Di siklus I tingkat ketuntasan mencapai 53,125% atau 17 siswa tuntas. Dan siklus II mencapai 87,50% atau 28 siswa tuntas. Hasil belajar afektif saat pra tindakan TAI rata-rata persentase kelas 63,61% tergolong kategori kurang. Di siklus I mengalami kenaikan menjadi 72,89% dengan kategori cukup. Dan di siklus II mencapai 82,25% dan tergolong kategori baik. Hasil belajar psikomotorik pada saat pra tindakan TAI rata-rata persentase kelas tergolong kategori kurang dengan persentase 63,94%. Di siklus I rata-rata persentase sebesar 77,11% dengan kategori cukup. Setelah siklus II persentase hasil belajar psikomotorik tergolong kategori baik dengan persentase sebesar 83,58%. Selain itu kegiatan peneliti dalam menerapkan TAI saat siklus I tergolong kategori cukup kompeten dengan persentase 75,00% dan di siklus II kemampuan peneliti tergolong kompeten dengan persentase 89,58%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan T.A 2012/2013Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan T.A 2012/2013?Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan T.A 2012/2013.Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan tindakan pembelajaran model kooperatif tipe TAI . Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Tes hasil belajar digunakan untuk melihat hasil belajar kognitif, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengetahui hasil belajar afektif dan psikomotorik serta tingkat keberhasilan peneliti dalam menerapkan model TAI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan.Hasil penelitian yang didapatkan adalah baik kognitif, afektif, dan psikomotorik mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif pada saat pretes tingkat ketuntasan klasikal hanya 21,875% atau 7 siswa saja yang tuntas. Di siklus I tingkat ketuntasan mencapai 53,125% atau 17 siswa tuntas. Dan siklus II mencapai 87,50% atau 28 siswa tuntas. Hasil belajar afektif saat pra tindakan TAI rata-rata persentase kelas 63,61% tergolong kategori kurang. Di siklus I mengalami kenaikan menjadi 72,89% dengan kategori cukup. Dan di siklus II mencapai 82,25% dan tergolong kategori baik. Hasil belajar psikomotorik pada saat pra tindakan TAI rata-rata persentase kelas tergolong kategori kurang dengan persentase 63,94%. Di siklus I rata-rata persentase sebesar 77,11% dengan kategori cukup. Setelah siklus II persentase hasil belajar psikomotorik tergolong kategori baik dengan persentase sebesar 83,58%. Selain itu kegiatan peneliti dalam menerapkan TAI saat siklus I tergolong kategori cukup kompeten dengan persentase 75,00% dan di siklus II kemampuan peneliti tergolong kompeten dengan persentase 89,58%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SDN 104233 Bandar Labuhan T.A 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.83 Ulf m
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran; Kooperatif; Hakikat; TAI; IPS; Perjuangan kemerdekaan.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 30 Aug 2016 06:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7321

Actions (login required)

View Item
View Item