Suryana, Mila (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGANMENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 111 PIDOLI DOLOK T.P.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311060 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109311060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
109311060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109311060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
109311060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109311060 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
109311060 BAB V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109311060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa materipokok pecahan dengan menggunakan strategi Cooperative Learning Tipe Jigsawdi kelas IV SD Negeri 111 Pidoli Dolok T.P. 2012/2013. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningakatan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategiCooperative Learning tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDNegeri 111 Pidoli Dolok T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah subjekpenelitian sebanyak 26 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahunajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran matematikaberlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulismelakukan test dan observasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian iniadalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Berdasarkan hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran pada siklusI dari 26 siswa yang telah mempelajari tentang pecahan memperoleh nilai terendahsebesar 40 dan tertinggi sebesar 100. Siswa yang memperoleh nilai < 65 atau tidaktuntas sebanyak 11 orang (42,31%) dan siswa yang mencapay nilai ≥ 65 atautuntas sebanyak 15 orang (57,69%). Rata-rata perolehan hasil atau nilai belajarsebesar 68,08. Tingkat ketuntasan klasikal mencapai 57,69%. Hal inimembuktikan bahwa nilai hasil belajar siswa pada pelaksanaan siklus I belummemiliki tingkat keberhasilan belajar (ketuntasan klasikal) karena masih di bawah80,00%. Hasil penelitian dengan pelaksanaan pembelajaran siklus II dapatdiketahui bahwa 24 siswa (92,31%) ketuntasan dan 2 orang siswa (7,69%) belummengalami ketuntasan individu. Perolehan ketuntasan klasikal sebesar 92,31% halini membuktikan bahwa hasil belajar secara klasikal pada siklus II telah mencapaiketuntasan karena telah mencapai 80,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar84,04.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategicooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapelajaran matematika materi pecahan di kelas IV SD Negeri 111 Pidoli DolokKecamatan Panyabungan T.P. 2012/2013. Disarankan kepada guru untukmenggunakan strategi cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan hasilbelajar siswa di kelas IV SD Negeri 111 Pidoli Dolok Kecamatan PanyabunganT.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372 705 / Sur /m |
Keywords: | HASIL BELAJAR; STRATEGI PEMBELAJARAN ; COOPERATIVE LEARNING ; JINIS ; MATEMATIKA ; SD; PECAHAN |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7314 |