Lubis, Havifah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENGAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 135564 TANJUNGBALAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
109311033 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
109311033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
109311033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109311033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109311033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109311033 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109311033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109311033 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109311033 BAB I.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
109311033 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
109311033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 135564 Tanjungbalai, jenispenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatanpengajaran reciprocal teaching sebagai sasaran utama bertujuan untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran SAINS kelas IV SD Negeri135564 Tanjungbalai dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yangmenggunakan pendekatan pengajaran reciprocal teaching dengan yang tidakmenggunakan pada pembelajaran SAINS materi pokok perubahan penampakanpada bumi dan langit kelas IV SD Negeri 135564 Tanjungbalai.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaanpendekatan pengajaran reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajarsiswa dalam materi pokok perubahan penampakan pada bumi dan langit padapelajaran SAINS kelas IV SD Negeri 135564 Tanjungbalai. Jumlah SubjekPenelitian sebanyak 31 orang siswa, laki- laki 17 dan perempuan 14 orang yangberasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatandilakukan saat pembelajaran SAINS berlangsung.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari dua kalipertemuan dan satu kali pos tes. siklus II juga dilaksanakan dua kali pertemuandan satu kali pos tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalahlembar observasi siswa, lembar observasi guru, dan pos tes pada akhir siklus.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajarsecara klasikal yaitu 7 orang siswa (22,58%) yang mencapai tingkat ketuntasanbelajar dengan nilai rata-rata 46,12. Setelah pelaksanaan siklus I denganmenggunakan pendekatan pengajaran reciprocal teaching diperoleh tingkatketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 17 orang siswa (54,83%) yangmencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 68,70. Setelahpelaksanaan siklus II dengan menggunakan pendekatan pengajaran reciprocalteaching diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 30orang siswa (96,77%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai ratarata82,5. Lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaranberlangsung di kelas IV SD Negeri 135564 Tanjungbalai. Rata-rata aktivitas gurusiklus I 67,85% dan siklus II 92,85%. Selanjutnya sebelum menggunakanpendekatan pengajaran Reciprocal teaching aktivitas siswa 45,83%. Aktivitassiswa dalam proses pembelajaran menggunakan Pendekatan Pengajaranreciprocal teaching pada siklus I 66,66% dan siklus II 87,5 % dengan kategoriSangat Partisipatif. Dengan demikian dapat dikatan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pengajaran reciprocal teaching dapat meningkatkanhasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 135564 Tanjungbalai pada mata pelajaranSAINS dalam materi pokok perubahan penampakan pada bumi dan langit
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Lub m |
Keywords: | Hasil belajar; Pembelajaran; Teaprocal teaching; Sains; Bumi; Langit. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7312 |