Sunarsi (2013) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK PAUD B PUTRI BETUNG GAYO LUES T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098039 COVER.pdf - Published Version
Download (765kB) | Preview
109098039 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
109098039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
10909803 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
109098039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109098039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109098039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109098039 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
109098039 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
109098039 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
109098039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini (1) Perkembangan motorik kasar anak kurangterampil dikarenakan permainan lebih mengarah pada permainan teknologi danpermainan (balok) yang tidak membantu perkembangan motorik kasar anak, (2)Kurangnya pemahaman guru tentang manfaat permainan tradisional, (3) Rendahnyakemampuan anak dalam keterampilan motorik kasar terutama pada keterampilanberlari, melompat, dan meloncat dengan kaki sebelah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah ada pengaruh permainan tradisional terhadap perkembanganmotorik kasar anak di PAUD Putri Betung.Teori yang digunakan menurut Achroni (2012:45) “permainan tradisionaladalah salah satu bentuk berupa permainan anak-anak, yang beredar secara lisandiantara anggota kolektif tertentu, berbentuk tradisional dan diwarisi turun temurun,serta banyak mempunyai variasi”. Menurut Sumantri (2005:47) “perkembanganmotorik kasar adalah proses sejalan dengan bertambahnya usia secara bertahap danberkesinambungan gerakan individu meningkat dari keadaan sederhana, tidakterorganisasi, dan tidak terampil ke arah penampilan keterampilan motorik yangkompleks dan terorganisasi dengan baik, yang pada akhirnya ke arah penyesuaianketerampilan menyertai terjadinya proses menua (menjadi tua)”.Jenis penelitian ini eksperimen. Sampel dalam penelitian B1 20 orang sebagaikelas eksperimen dan B2 20 orang sebagai kelas kontrol. Alat pengumpul datamenggunakan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis (uji-t) terlebih dahuludiuji normalitas menggunakan Liliefors, dan homogenitas menggunakan uji F.Dari analisa data observasi akhir perkembangan motorik kasar anak denganmenggunakan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 berturut-turut diperoleh t􀭦􀭧􀭲􀭳􀭬􀭥 ˃ t􀭲􀭟􀭠􀭣􀭪 24,230 ˃ 1,6866 dengan dk=(n􀬵 + n􀬵 − 2) dan t􀭲􀭟􀭠􀭣􀭪 diperoleh dari hasil interpolasi. Maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara permainan tradisional terhadap perkembangan motorik kasar di PAUD Putri Betung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sun p |
Keywords: | Bermain; Tradisional; Motorik kasar; Kemampuan gerak; Keterampilan; Anak. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7303 |