Sari, Irmaya. (2013) STRATEGI TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD HARAPAN BANGSA. 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109171014 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109171014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
109171014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
109171014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109171014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
109171014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109171014 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109171014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109171014 BAB I.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
109171014 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
109171014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah strategi tutor dalammengembangkan nilai-nilai agama dan moral anak yang masih sangat kurangterlihat dari cara tutor dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral sertakurangnya kreativitas tutor dalam menanamkannya. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana strategi tutor dalam mengembangkan nilai-nilai agama danmoral pada anak usia 4-6 tahun di PAUD Harapan Bangsa.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaranyang dikemukakan oleh Masitoh (2011: 6.3) bahwa: “Strategi pembelajaranadalah segala usaha guru dalam menerapkan berbagai metode pembelajaran dalammencapai tujuan yang diharapkan”. Kemudian teori strategi pengembangan nilainilaiagama dan moral yang dikemukakan oleh Hidayat (2009: 9.4-9.7) yangmengemukakan strategi dalam pengembangan nilai-nilai agama anak usia diniyaitu sebagai berikut: “(1) kegiatan rutinitas, (2) kegiatan terintegritas, dan (3)kegiatan khusus”, dan Wantah (2005: 109) mengemukakan strategi dalampembentukan perilaku moral anak, yaitu sebagai berikut: “(1) Strategi latihan danpembiasaan, (2) Strategi aktivitas bermain, dan (3) Strategi pembelajaran”.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan subjekpenelitian berjumlah 2 orang tutor dan 3 orang anak didik di PAUD HarapanBangsa. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dandokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi tutor dalammengembangkan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini di PAUD HarapanBangsa dilakukan dengan menggunakan strategi latihan dan pembiasaan,pembelajaran dan kegiatan khusus. Dari hasil observasi dan wawancara terungkapbahwa strategi tutor dalam mengembangkan nilai-nilai agama dan moral yaitukurang mampu memilih strategi yang tepat dalam mengembangkan nilai-nilaiagama dan moral.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 347 013 /Sar/ S |
Keywords: | STRATEGI ; TUTOR NILAI NILAI AGAMA ; MORAL ; ANAK USIA DINI ; PERKEMBANGAN |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7286 |