Lubis, Dewi Maya Sari (2013) IMPLEMENTASI KURIKULUM NPENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK BABAR SARI PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
061211310032 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
061211310032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
061211310032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
061211310032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
061211310032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
061211310032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
061211310032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
061211310032 BAB I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
061211310032 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
061211310032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pokok ImplementasiKurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui bagaimana penerapan kurikulum pendidikan anak usia dini yangdilakukan di Taman Kanak-kanak Babar Sari Pancur Batu.Sukmadinata (Dimiyati, 2006:273) mengemukakan empat komponendari anatomi tubuh kurikulum yaitu, tujuan, isi, metode, serta evaluasi.Dengan menerapkan komponen tersebut diharapkan pembelajaran dapatberlangsung dengan baik.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 (dua)orang tutor pendidik di Taman Kanak-kanak Babar Sari Pancur Batu. Datapenelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara, dandokumentasi terhadap implementasi kurikulum pendidikan anak usia dini diTaman Kanak-kanak Babar Sari Pancur Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajarandisesuaiakan dengan kurikulum diknas 2010. Dimana kurikulum ini disusundalam program semester 1 dan 2 yang dibuat dalam Rancangan KegiatanMingguan dan Rencana Kegiatan Harian yang disesuaikan dengan kebutuhansekolah, tujuan pembelajaran yang diharapkan adalah agar anak didikmemiliki kemampuan membaca, menulis, berhitung sebelum memasukijenjang sekolah dasar. Metode pembelajaran menggunakan metode yangbervariasi yang disesuaikan dengan tema/materi. Ada 8 (delapan) tema yangdigunakan yaitu aku, lingkungan, rekreasi, pekerjaan, air, udara, api, alam semesta. Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran dilakukan evaluasikepada anak didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.01 Lub i |
Keywords: | Implemnetasi; Kurikulum; Pembelajaran; Metode; Pendidikan; Anak usia dini. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7274 |