Sakdiyah, Halimatun (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL PADA SISWA KELAS X SMK-SPP N ASAHAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109151024 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
109151024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
109151024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
109151024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
109151024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
109151024 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
109151024 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
109151024 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
109151024 BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
109151024 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109101524 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalahadakah pengaruh positif yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan kecerdasan moral pada siswa kelas X SMK-SPP Negeri Asahan T.A 2012/2013. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa kelas X SMK-SPP Negeri Asahan tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TPH B SMK-SPP Negeri Asahan tahun ajaran 2012/2013, berjumlah 25 orang yang diambil dengan teknik Sampling Purposive.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang sudah diuji kevaliditasannya dan realibilitasnya. Datadianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan kecerdasan moral pada siswa kelas X SMK-SPP Negeri Asahan T.A 2012/2013 dengan hasil thitung = 8,38 > ttabel = 1,71. Artinya pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom untuk meningkatkan kecerdasan moral siswa kelas X SMK-SPP Negeri Asahan tahun ajaran 2012/2013 dapat diterima. Layanan ini terbukti dapat meningkatkan kecerdasan moral siswa dengan perbedaan skor pre-test dan post-test sebesar 44,72<56. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dapat meningkatkan kecerdasan moral pada siswa kelas X SMK-SPP Negeri Asahan T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sak p |
Keywords: | Kecerdasan moral; Perkembangan moral dan remaja; Teori pendidikan moral; Metode membangun; Layanan bimbingan kelompok. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7240 |