Septyanti, Ririn (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101869 DESA SENA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109111054 COVER.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
109111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
109111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
109111054 abstrak.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
109111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
109111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
109111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
109111054 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
109111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
109111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
109111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
109111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
109111054 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi komunikasi tradisional dan modern di kelas IV SD Negeri 101869 Desa Sena T.A 2012/2013.Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi komunikasi tradisional dan modern di kelas IV SD Negeri 101869 Desa Sena.Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dan empat tahap. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 101869 Desa Sena yang berjumlah 27 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar pada materi pokok perkembangan teknologi komunikasi. Instrument yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar pengamatan. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan lembar pengamatan digunakan untuk melihat aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung.Hasi penelitian pada tes awal diperoleh data sebanyak 8 orang siswa (29,6%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 19 orang siswa (70,4%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 49,7. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data sebanyak 17 orang siswa (62,9%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 orang siswa (37,1%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,2. Sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 23 orang siswa (85,1%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 4 orang siswa (14,9%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 88,24.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi komunikasi tradisional dan modern di kelas IV SD Negeri 101869 Desa Sena.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sep m |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Index; Pendidikan; IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7233 |