Lubis, M. Ilyas (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MIND WRITING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 067250 KEC. MEDAN DELI T.P 2012 /2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109611001 Judul.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
109611001 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
109611001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
109611001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109611001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
109611001 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109611001 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109611001 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109611001 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109611001 Bab I.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
109611001 Bab V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109611001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswakelas IV SDN 067250 Kec. Medan Deli dalam menulis karangan narasi tentangpengalaman. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan siswa dalam menulis karangan narasi.Untuk mengatasi permasalahan tentang menulis karangan narasi, penulismenggunakan konsep Mind Writing yang dikemukakan Priyono yang bertujuanmenghasilkan tulisan dengan daya ungkap menarik, bukan aspek tata bahasa yangmenjadi perhatian utama tetapi dorongan jiwa, pengalaman yang menginspirasimenjadi hal utama dalam menciptakan karya tulis.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas. Subjekpenelitian tindakan kelas dilakukan dikelas IV SD, yang berjumlah 38 orang siswayang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 23 orang siswa laki – laki. Datayang digali meliputi : observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan menuliskarangan. Data dari narasumber yang meliputi guru kelas IV dan kepala sekolahSD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi danevaluasi/ tes kemampuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiapsiklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi danrefleksi.Dari pemberian tindakan dengan pembelajaran menggunakan konsep MindWriting dengan jumlah siswa laki-laki 23 orang dan perempuan 15 orang. Padasiklus I dan siklus II diperoleh tingkat kemampuan menulis siswa. Pada tindakansiklus I serta diberikan post tes I nilai rata – rata siswa 64,34 ditemukan 16 orangsiswa yang mampu (42,10%) dan 22 orang siswa yang tidak mampu (57,90%).Secara signifikan pada siklus pertama masih banyak terdapat siswa yang tidakmampu, maka dari hasil observasi diadakan siklus II. Pada siklus II nilai rata –rata siswa meningkat menjadi 80,13 ditemukan 36 orang siswa yang mampu(94,74%) dan 2 orang siswa yang tidak mampu (5,26%). Kesulitan menuliskarangan narasi siswa masih ada namun tidak seperti pada siklus I. Tingkatkemampuan menulis karangan narasi siswa secara klasikal mencapai 94,74%.Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I mendapat hasil yang sangat baikdengan skor 3,4. Dan meningkat pada siklus II hal ini terlihat dari keseluruhanaspek yang dinilai guru telah mendapatkan rata-rata setiap aspek dengan kategoribaik dan sangat baik. Dengan jumlah skor 3,9 dalam kategori sangat baik. Artinyasudah mencapai tingkat ketuntasan belajar yang diharapkan maka tidak perlu lagidilanjutkan siklus berikutnya.Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yangdiajukan yaitu kemampuan menulis karangan narasi siswa akan meningkat jikaditerapkan konsep Mind Writing pada pelajaran bahasa Indonesia pokok bahasankarangan berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas IV SD Negeri 067250 T.P2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Lub m |
Keywords: | Karangan Narasi; Kemampuan; Menulis; Manfaat; Tujuan; Jenis-jenis; Bacaan; Kerangka; Pengalaman; Tujuan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7212 |