Falilah, Thania (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING DI SD NEGERI 104206 SEI ROTAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313369 Judul.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
108313369 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
108313369 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
108313369 Abstrak.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
108313369 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
108313369 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313369 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313369 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313369 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108313369 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
108313369 Bab I.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
108313369 Bab V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
108313369 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah siswa merasa bosan karena gurukurang mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dan kurangmemberikan motivasi dalam kegiatan pembelajaran.tujuan penelitian ini adalahuntuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan jenis usaha dankegiatan ekonomi di Indonesia dengan menggunakan metode Brainstorming dikelas V SD Negeri 104206 Sei Rotan T.A 2012/2013.Subjek penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri104206 Sei Rotan, yangditeliti yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa, 18 orang laki-laki dan12 orang perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakankelas (PTK) dengan menggunakan metode Brainstorming dengan sasaran utamabertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar siswa pada pokokbahasan jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V SD Negeri104206 Sei Rotan.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 30 orang siswa padakondisi awal hanya ada 4 orang (13,33%) siswa memperoleh kriteria motivasibaik, ada 4 orang siswa (13,33%) orang siwa yang memperoleh kriteriacukup,dan ada 22 orang siswa (73,4%). Pada Siklus I terdapat 8 orang siswa (26,7%)memperoleh kriteria baik, 7 orang siswa (23,3%) memperoleh kriteria cukup, 15orang siswa (50%) memperoleh kriteria kurang. Pada siklus II terdapat 9 orangsiswa (30%) memperoleh kriteria sangat baik, 19 orang siswa (63,33%)memperoleh kriteria baik, 2 orang siswa (6,67%) memperoleh kriteria cukup.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metodepembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelahdilaksanakannya proses belajar mengajar pada pembelajaran IPS pokok bahasanjenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V SD Negeri 104206 SeiRotan T.A 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Fal u |
Keywords: | Belajar; Motivasi Belajar; Pembelajaran; Metode; Syarat; Langkah; Kelebihan; Jenis Usaha |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7211 |