PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN SAINS MATERI POKOK ENERGI BUNYI MELALUI METODEBELAJAR INKUIRI TERBIMBING DI KELAS IV SD NEGERI 020268 BINJAI TIMURTAHUN AJARAN 2012/2013

Dani, Ahmad (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN SAINS MATERI POKOK ENERGI BUNYI MELALUI METODEBELAJAR INKUIRI TERBIMBING DI KELAS IV SD NEGERI 020268 BINJAI TIMURTAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071211920274 1 Judul.pdf]
Preview
Text
071211920274 1 Judul.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 2 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
071211920274 2 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 3 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
071211920274 3 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 4 Abstrak.pdf]
Preview
Text
071211920274 4 Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 5 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
071211920274 5 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 6 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
071211920274 6 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 7 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
071211920274 7 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 8 Daftar Diagram.pdf]
Preview
Text
071211920274 8 Daftar Diagram.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 9 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
071211920274 9 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 10 Bab I.pdf]
Preview
Text
071211920274 10 Bab I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 11 Bab V.pdf]
Preview
Text
071211920274 11 Bab V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 12 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
071211920274 12 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 13 Lampiran.pdf]
Preview
Text
071211920274 13 Lampiran.pdf - Published Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of 071211920274 14 Daftar Riwayat Hidup.pdf]
Preview
Text
071211920274 14 Daftar Riwayat Hidup.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Siswa masihmengalami kesulitan dalam tugas-tugas mata pelajaran SAINS, (2) hasil belajarsiswa masih rendah khususnya pelajaran SAINS, (3) metode pembelajaran yangdilaksanakan guru saat mengajar masih bersifat konvensional, (4) keaktifan siswadalam mengikuti pelajaran masih kurang, dan (4) saat proses belajar mengajarmurid bersifat pasif sedangkan guru yang aktif.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajarsiswa dengan menggunakan Metode Inquiri terbimbing pada pelajaran SAINSmateri pokok energi bunyi di kelas IV SD Negeri 020268 Binjai Timur TahunAjaran 2012/2013. Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelasdengan menggunakan metode belajar inquiri terbimbing sebagai sasaran utama.Dimana penelitian ini memaparkan penggunaan metode belajar inquiri terbimbingdalam pembelajaran SAINS dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IVpada pokok bahasan energi bunyi di SD Negeri 020268 Binjai Timur.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 25 yang diantaranya14 orang laki-laki dan 11 orang perempuan di SD Negeri 020268 Binjai TimurTahun Ajaran 2012/2013. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasiterhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Objek formaldengan menggunakan metode belajar inquiri terbimbing pada mata pelajaranSAINS.Hasil penelitian pada pree tes 8 orang siswa mencapai nilai ketuntasandengan persentase yaitu 32%, dan 17 orang siswa dari 25 orang siswa orang siswayang belum mencapai nilai ketuntasan dengan persentase yaitu 68% dengan rataratanilai 55,6, pada post tes siklus I mencapai 15 orang siswa yang telah berhasildengan nilai 60% dan 10 orang siswa yang belum mencapai nilai ketuntasandengan nilai 40% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 68,8, dan pada postes siklusII semua siswa mencapai nilai ketuntasan siswa dengan rata-rata sebesar 82%.Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa dengan menggunakan metodebelajar inquiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspekkognitif pada pokok bahasan energi bunyi di kelas IV SD Negeri 020268 BinjaiTimur Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Dan p
Keywords: Belajar; Hasil; Faktor; Sains; Energi Bunyi; Metode; Inquiri Terbimbing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 01 Aug 2016 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7196

Actions (login required)

View Item
View Item