Adisty, Meena Ismu (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE RESITASI PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 091681 GUNUNG BAYU KEC. BOSAR MALIGAS T.A. 201/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313202 1 Judul.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
108313202 2 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
108313202 3 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313202 4 Abstrak.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313202 5 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
108313202 6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313202 7 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313202 8 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313202 9 Bab I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
108313202 10 Bab V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
108313202 11 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313202 12 Lampiran.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 091681 Gunung Bayu dalam menyelesaikan soal-soal struktur tumbuhan dan fungsinya. 2) Siswa kelas IV SDN 091681 Gunung Bayu masih banyak yang malu atau pun takut untuk bertanya kepada guru. 3) Metode yang digunakan guru kurang tepat dan tidak bervariasi. 4) Proses pembelajaran yang kurang memotivasi siswa. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode resitasi di kelas IV SD Negeri 091681 Gunung Bayu Kec. Bosar Maligas T.A 2012/2013. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 091681 Gunung Bayu Tahun Ajaran 2012/2013 ?Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini, metode resitasi sebagai sasaran utama. Menerapkan metode resitasi pada pelajaran IPA materi struktur tumbuhan dan fungsinya dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN 091681 Gunung Bayu T.A 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV berjumlah 30 siswa, laki-laki 13 orang dan perempuan 17 orang.Hasil penelitian pada tes awal (Pre Tes) 5 siswa (16,6%) yang termasuk dalam kategori tuntas belajar dan 25 siswa (83,4%) yang termasuk dalam kategori belum tuntas dari 30 siswa dengan nilai rata-rata kelas 47,66, nilai terendah 20 dan nilai tertinggi 80. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas terdapat 16 siswa (53,33%) dan 14 siswa (46,67%) yang termasuk dalam kategori belum tuntas dari 30 siswa dengan nilai rata-rata kelas 61,66, nilai terendah 40 dan nilai tertinggi 90. Sedangkan pada siklus II terdapat 27 siswa (90%) yang termasuk dalam kategori tuntas belajar. Dan 3 siswa (10%) yang termasuk dalam kategori belum tuntas dari30 siswa dengan nilai rata-rata kelas 80,66, nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 091681 Gunung Bayu T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Adi m |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Hakekat IPA; Metode Mengajar; Resitasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7194 |