Ramadhani, Laila (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN DI KELAS IV SD NEGERI 104208 CINTA RAKYAT T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313171 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313171 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
108313171 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
108313171 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
108313171 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
108313171 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313171 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313171 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313171 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
108313171 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
108313171 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
108313171 BAB V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 104208 Cinta Rakyat bertujuanuntuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika padamateri sifat-sifat bangun ruang dengan metode latihan, karena hasil belajar siswadi SD Negeri 104208 Cinta Rakyat. Rumusan masalah peneliti adalah apakahdengan menggunakan metode latihan dapat meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran matematika materi pokok sifat-sifat bangun ruang dikelas IV SDNegeri 104208 Cinta Rakyat.Menurut Roestiyah metode latihan adalah suatu cara mengajar dimanasiswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan agar memilikiketangkasan/keterampilan. Dengan penerapan metode latihan dapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok sifat-sifatbangun ruang di kelas IV SD Negeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 104208Cinta Rakyat T.A 2012/2013 yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri dari 11orang siswa laki-laki dan 17 oarang siswa perempuan. Pelaksanaan TindakanKelas (PTK) dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu :perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakanlembar observasi, pelaksanaan pembelajaran untuk mengetahui hasil observasisiswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II, penelititerlebih dahulu memberikan pre tes untuk mengetahui kesulitan dalammenyelesaikan soal sifat-sifat bangun ruang kemudian di akhir siklus I dan siklusII diberikan post tes I dan post tes II.Berdasarkan analisis data diperoleh nilai pre tes dari 28 siswa terdapat 8siswa (28.57%) memperoleh tuntas belajar dan 20 siswa (71.42%) yang belumtuntas dalam pembelajaran. Pada siklus I terdapat 12 siswa (42.85%) yangdinyatakan tuntas belajar dan 16 siswa (57.14%) yang belum tuntas dalampembelajaran. Sedangkan pada siklus II 26 siswa (92.85%) yang dinyatakantuntas belajar dan 2 siswa (7.14%) dinyatakan belum tuntas dalam pembelajaran.Dengan demikian secara klasikal maka dapat dikatakan terdapat 92.85% siswamengalami ketuntasan dalam pembelajaran.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode latihandapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di SDNegeri 104208 Cinta Rakyat T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.705 1 Ram u |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Faktor; Metode; Jenis; Latihan; Bangun Ruang; Sifat-sifat; Hipotesis; Tindakan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7186 |