Ritonga, Iba Riyanti (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRAINING KELAS V SD NEGERI 101880 AEK GODANG KAB. PADANG LAWAS UTARA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313131 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313131 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
108313131 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
108313131 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
108313131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
108313131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
108313131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
108313131 BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
108313131 BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
108313131 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa rendahpada mata pelajaran IPS dan siswa tidak tertarik pada pelajaran IPS yangdisebabkan karena siswa menganggap pelajaran IPS itu pelajaran yang sulit, danguru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dalam prosesbelajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajarsiswa pada pokok bahasan Keragaman Budaya di Indonesia Kelas V SD Negeri101880 Aek Godang kab. Padang Lawas Utara T.A 2012/2013.Subjek penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101880 Aek Godang,yang diteliti yaitu siswa kelas V yang berjumlah 30 orang siswa, 10 orang lakilakidan 20 orang perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitiantindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode Training dengan sasaranutama bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat belajar siswa pada pokokbahasan Keragaman Budaya di Indonesia Kelas V SD Negeri 101880 AekGodang kab. Padang Lawas Utara T.A 2012/2013.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 30 siswa diperoleh nilairata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 41,03 (51%) mengalami peningkatanpada siklus I sebesar 51,17 (64%) dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 63,67(80%). Jadi pada siklus II, upaya meningkatkan minat belajar siswa telah berhasiltercapai dengan baik.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode trainingdalam belajar mengajar mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaranIPS dengan materi keragaman Budaya di Indonesia pada kelas V SD Negeri101880 Aek Godang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Rit m |
Keywords: | Minat Belajar; Faktor-faktor; Indikator; Metode Pembelajaran; IPS; Tujuan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7182 |