MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SD NEGERI 020259 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2012/2013

Kembaren, Hajrina (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACAPEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS V SD NEGERI 020259 BINJAI TIMUR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1104311020 COVER.pdf]
Preview
Text
1104311020 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1104311020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1104311020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1104311020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1104311020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1104311020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
1104311020 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1104311020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 BAB I.pdf]
Preview
Text
1104311020 BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 BAB V.pdf]
Preview
Text
1104311020 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 1104311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1104311020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penggunaan model pembelajaran cooperativeintegrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membacapemahaman siswa pada materi menemukan ide pokok paragraf pada siswa kelas V SD Negeri020259 Binjai Timur Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalamdalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswakelas V SD Negeri 020259 Binjai Timur Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 24 orang.Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahamansiswa melalui pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC) kelas VSD Negeri 020259 Binjai Timur.Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes,yaitu pre test, post test pada siklus I dan post test pada siklus II dan observasi.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, ,masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuanbelajar. Pada siklus I, peneliti memberikan pembelajaran dengan menggunakan modelpembelajarn cooperative intergrated reading and composition (CIRC). Peneliti memberikanpost test I pada akhir siklus I. Pada siklus I peneliti belum berhasil maka peneliti punmelanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, peneliti memberikan pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC).Dari hasil data diperoleh peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa darihasil pre test, post test I dan post test II. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan rata-ratahasil belajar pada saat pre test sebelum diberikan tindakan adalah 9 orang siswa yangmengalami ketuntasan dan 15 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 51,6 dengantingkat ketuntasan belajar 16,7%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 73,96dengan tingkat ketuntasan belajar 58,4% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orangdan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 orang siswa. Pada siklus II nilai rata-rat kelassemakin meningkat dari siklus I menjadi 95,62 dengan ketuntasan belajar 91,7% denganjumlah siswa yang tuntas sebanyak 22 orang dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orangsiswa.Berdasarkan hasil penelitian dengan dua siklus tersebut maka dapat disimpulkanbahwa model pembelajaran cooperative intergrated reading and composition (CIRC) dapatmeningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada pokok bahasan menemukan idepokok paragraf di kelas V SD Negeri 020259 Binjai Timur Tahun Ajaran 2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.6 Kem m
Keywords: Membaca; Kemampuan; Pembelajaran Kooperatif; Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); Bahasa Indonesia; Materi Pokok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 29 Jul 2016 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7178

Actions (login required)

View Item
View Item