Ramadhani, Mayumi (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BIDANG BIMBINGAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 3 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
108121056 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
108121056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
108121056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
108121056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
108121056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
108121056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108121056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
108121056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
108121056 BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
108121056 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
108121056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah layananpenguasaan konten bidang bimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas VIII MTs Negeri 3 Medan T.A 2012/2013. Sedangkan tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui layanan penguasaan konten bidangbimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri 3Medan T.A 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri3 Medan T.A 2012/2013 yakni sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswakeseluruhan 228 orang. Sampel diambil dengan teknik purpose sampling yaitupengambil sampel sesuai dengan tujuan penelitian. Dalam menentukan sampelmenggunakan kelas yang hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tergolongrendah dibandingkan kelas yang lain. Jumlah sampel yang diambil ssebanyak 30orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research)yang merupakan suatu kegiatan untuk mempelajari suatu masaalah, mencarisolusi, serta melakukan perbaikan dengan menerapkan suatu tindakan yang nyatayaitu layanan penguasaan konten bbidang bimbingan belajar dalam meningkatkanhasil belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Medan T.A 2012/2013. Penelitianini menggunakan dua siklus. Pada siklus I peneliti memberikan layananpenguasaan konten dengan materi keterampilan belajar dan teknik mempelajariIPA yang di berikan dalam tiga kali pertemuan. Sedangkan pada siklus II penelitimemberikan layanan penguasaan konten dengan materi cara belajar yang efektifdan konsentrasi dalam belajar. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitulayanan penguasaan konten (X) sebagai variabel bebas dan hasil belajar (Y)sebagai variabel terikat. Teknik analisa data yang digunakan adalah denganmenggunakan perbandingan hasil belajar siswa sebelum mendapatkan layanan(pre-test) dan sesudah mendapatkan layanan (post-test). Untuk mencari persentasesiswa yang mengalami peningkatan pada hasil belajarnya menggunakan rumus,𝑓keseluruhan.tHasil penelitian menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten bidangbimbingan belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri3 Medan T.A 2012/2013. Hal ini diketahui berdasarkan perbandingan hasil belajarsiswa yang meningkat setelah mendapatkan layanan penguasaan konten. Padasiklus I siswa yang hasil belajarnya mengalami peningkatan sebanyak 41,65%(cukup), sedangkan pada siklus II siswa yang hasil belajarnya mengalamipeningkatan sebanyak 73,35% (baik) yang berarti hipotesis yang berbunyi:layanan penguasaan konten dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIMTs Negeri 3 Medan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.422 Ram u |
Keywords: | Belajar; Faktor; Bimbingan Belajar; Layanan Penguasaan Konten |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7162 |