SIMAMORA, MONANG TUA (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE LATIHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 106814 TEMBUNG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313209 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
108313209 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
108313209 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
108313209 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
108313209 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313209 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313209 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
108313209 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
108313209 BAB I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
108313209 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313209 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa padamateri perkalian dan pembagian pecahan di kelas V SD Negeri 106814 Tembung KecamatanPercut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan menggunakan metode latihan pada materi perkalian dan pembagianpecahan dan untuk mengetahui apakah penggunaan metode latihan dapat meningkatkan hasilbelajar matematika siswa.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106814 Tembung tahunajaran 2011/2012 denganjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 12orang siswa perempuan. Waktn penelitian dilaksanakan dari bulan mei sampai dengan bulan juli2012. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)dan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,tindakan, pengamatan dan refleksi /evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahtes dan observasi. Analisis data menggunakan anal isis data kuantitatif dan kualitatif.Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I penelitian memberikan pre tes kepada 20orang siswa untuk mengetahui letak kesulitan siswa pada materi perkalian dan pembagianpecaha, kemudian diakhiri Siklus I dan siklus II.Ha.Sil penelitian di peroleh nilai rata-rata pada tes awal dari 20 orang siswa sebesar 59,5dimana terdapat 7 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (35%) dansebanyak 13 orang siswa yang tidak tuntasdengan persentase (65%). Pada siklus I nilai rata-ratadari 20 orang siswa meningkat menjadi 69 dimana terdapat 10 orang siswa yang memperolehnilai tuntas dengan persentase (50%) dan sebanyak 10 orang siswa yang belum tuntas denganpersentase (50%). Pada siklus II nilai rata-rata dari 20 orang siswa meningkat menjadi 84 dimanaterdapat 18 orang siswa yang memperoleh nilai tuntas dengan persentase (90%) dan sebanyak 2orang siswa yang bel urn tuntas dengan persentase ( 1 0% ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode latihan dapatmeningkatkan hasil belajar matematika siswa pada elajaran matematika materi perkalian danpembagian pecahan di kelas V SD Negeri 106814 Tembung tahun ajaran 201112012. Sehinggapembelajaran metode latihan dapat diterapkan sebagai salah satu altematif untuk meningkatkanhasil belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim m |
Keywords: | Belajar;Metode;Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7157 |