Situmorang, Gembira Citra Lasriado (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS V SDN NO.030410 KABANJULU, KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313117 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
108313117 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (879kB) | Preview
108313117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (969kB) | Preview
108313117 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
108313117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
108313117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313117 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
108313117 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
108313117 BAB I.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
108313117 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
108313117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Saat ini, kebanyakan pembelajaran Bahasa Indonesia dianggap sukar atau sulit,sehinggamenyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal inidikarenakan karena para pendidik kurang menggunakan metode yang bervariasi dan juga mediapembelajaran yang bervariasi dalam penyajian materi.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakanmetode mind mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang Unsur cerita. Subjekpenelitian adalah siswa kelas VB di SD Negeri 030410 yang berlokasi di Jalan Bunturaja, desaKabanjulu Kecamatan Laeparira, Kabupaten Dairi yang berjumlah 35 orang siswaPenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus,dimana setiap siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus melewati 4 tahapanyaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Alat pengumpul data yang digunakanadalah lembar observasi guru dan siswa. Dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa padasiklus I menunjukkan bahwa sebanyak 9 orang siswa atau sebesar25,71% memiliki motivasibelajar yang baik, 8 orang siswa atau sebesar 22,86% memiliki motivasi belajar yang cukup., danada 18 orang siswa atau sebesar 51, 43% memiliki motivasi belajar yang kurang.Kemudian, setelah diadakan tindakan pada saat proses pembelajaran dapat disimpulkanbahwa hasil tindakan siklus II yaitu sebanyak 11 orang siswa atau sebesar 31,42% memilikimotivasi belajar yang sangat baik, ada 15 orang siswa atau sebesar 42,85% memiliki motivasibelajar yang baik, ada 7 orang siswa atau sebesar 20% memiliki motivasi belajar yang cukup,dan ada 2 orang siswa atau sebesar 5,72% memiliki motivasi belajar yang kurang.Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapatmeningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia tentang Unsur ceritadi Kelas VB SD Negeri 030410 Kabanjulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sit m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Metode Mind Mapping |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7152 |