Harahap, Tiyarma (2012) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO.020264 BINJAI UTARA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313375 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
108313375 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
108313375 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
108313375 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
108313375 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
108313375 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313375 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313375 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313375 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108313375 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313375 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kreativitas siswa karena kurang variasi dalam menentukan strategi yang digunakan saat proses belajar mengajar. Hanya beberapa siswa yang memiliki kreativitas dalam belajar Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi Role Playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2(dua) siklus dengan 4(empat) tahap pada setiap siklusnya yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri No.020264 Binjai Utara yang berjumlah 22 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan strategi role playing untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Alat pengumpulan data untuk mengetahui kreativitas siswa yaitu lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses belajar mengajar pada pelajaran Bahasa Indonesia kreativitas siswa meningkat dengan menggunakan strategi Role Playing. Hal ini dapat dilihat dari hasil siklus I pada pertemuan I rata-rata kreativitas siswa yaitu 18,2% dan pada pertemuan II yaitu 36,4% dan pada siklus ke II pertemuan I meningkat menjadi 63,6% dan pada pertemuan ke II yaitu 86,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi Role Playing dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SD Negeri No.020264 Binjai Utara T.A 2011/2012. Dan disarankan kepada guru hendaknya dapat menggunakan strategi pembelajaran yang tepat dalam mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya, agar proses pembelajaran dikelas menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Har m |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Bahasa Indonesia; Strategi Role Playing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7133 |