Asnidar (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SD YAYASAN PERGURUAN SETIA BUDI PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
109811010 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
109811010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
109811010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
109811010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
109811010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
109811010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
109811010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
109811010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
109811010 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
109811010 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
109811010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
109811010 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Yayasan Perguruan Setia Budi Perbaungan, Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA materi energi dan perubahannya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Yayasan Perguruan Setia Budi Perbaungan yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 18 siswi perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data metode deskriptif. Proses pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SD Yayasan Perguruan Setia Budi Perbaungan tahun ajaran 2011/2012, pada siklus I pertemuan pertama diperoleh siswa yang termotivasi dalam belajar sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 22,86%, pada siklus I pertemuan II diperoleh siswa yang termotivasi dalam belajar sebanyak 16 orang siswa dengan persentase sebesar 45,71%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama diperoleh siswa yang termotivasi dalam belajar sebanyak 24 orang siswa dengan persentase 68,57%, dan dilanjutkan pada siklus II pertemuan kedua diperoleh siswa yang termotivasi dalam belajar sebanyak 33 orang siswa dengan persentase motivasi belajar siswa sebesar 94,29%. Maka ketuntasan motivasi belajar siswa secara klasikal sudah tercapai karena 94,29% ≥ 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD Yayasan Perguruan Setia Budi Perbaungan tahun ajaran 2011/2012, dan hipotesis penelitian tindakan kelas dapat diterima kebenarannya dalam penelitian ini. Maka disarankan kepada guru-guru agar menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Asn m |
Keywords: | Motivasi Belajar; Pendekatan Kontekstual; IPA; Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7128 |