Simarmata, Janiwanto (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW TIPE II PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101774 SAMPALI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313154 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313154 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
108313154 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
108313154 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
108313154 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
108313154 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313154 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
108313154 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313154 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
108313154 BAB V.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
108313154 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
108313154 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran dilakukan guru masih bersifat teacher centered, (2) Siswa pasif dan memiliki keterbatasan belajar, (3) Siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan sistematis, (4) Hasil belajar IPA siswa masih sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembentukan tanah dengan menggunakan metode jigsaw tipe II di kelas V SD Negeri 101774 Sampali T.A 2011/2012. Salah satu cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pembentukan tanah adalah dengan menggunakan metode Jigsaw tipe II.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V SD Negeri 101774 Sampali yang berjumlah 35 orang siswa yang terdiri dari laki-laki 18 orang dan perempuan 17 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian pada saat tes awal diperoleh nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 51,57 dan meningkat menjadi 52,14 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 72,14 pada saat di siklus II. Sebelum diberikan tindakan, pengetahuan awal tingkat ketuntasan yang dicapai siswa secara klasikal adalah sebesar 17,14% (belum tuntas), setelah dilakukan tindakan pada pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 37,14,%. Selanjutnya, dari hasil tes pada siklus II sebagai bentuk perbaikan dari siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 88,57% yang berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain setelah siklus II siswa secara klasikal sudah mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw tipe II dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 101774 Sampali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Jigsaw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7103 |