Andayani, Siti (2012) PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064966 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313327 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
108313327 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
108313327 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
108313327 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
108313327 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
108313327 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313327 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313327 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
108313327 BAB I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
108313327 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313327 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313327 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah rendahnya motivasibelajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuanmenerapkan penggunaan metode sosiodrama untuk meningkatkan motivasi belajarsiswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.Variabel dalam penelitian ini adalah Motivasi belajar siswa yaitukeseluruhan daya penggerak yang ada dalam dir i siswa dan Metode sosiodramayaitu suatu metode yang mendramatisasikan bentuk tingkah laku dalam hubungan sosial.Penelitian dilakukan di SD Negeri 064966 Medan dengan Subjek penelitian adalah siswa dan siswi kelas V-b SD Negeri 064966 yang ber jumlah 30 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Alat pengumpul datamenggunakan lembar observasi.Pada siklus I dengan tindakan menggunakan metode sosiodrama diketahuibahwa dari 30 orang siswa, terdapat 18 orang (60%) yang mendapatkan skorsedang . Dimana pada kondisi awal, motivasi belajar siswa masih dalam kriteria rendah, sementara pada siklus I motivasi belajar siswa meningkat 20% dari kriteria rendah ke sedang. Hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga disimpulkan perlunya diadakan perbaikan untuk siklus ke II dengan melakukan latihan sebelum drama berlangsung. Pada siklus II, dengan tindakan menggunakan metode sosiodrama dan member i kesempatan kepada siswa untuk berlatih drama diperoleh hasil, dar i 30 orang siswa terdapat 4 orang (13,3%) yangmendapatkan skor rendah sehingga dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswameningkat.Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, terbukti bahwa penggunaanmetode sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V-b SDNeger i 064966 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 And p |
Keywords: | Metode Sosiodrama; Motivasi Belajar; Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7097 |