Murni, Mariana (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE STAD PADA DIKELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313198 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313198 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
108313198 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
108313198 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313198 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
108313198 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313198 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
108313198 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313198 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
108313198 BAB I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
108313198 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313198 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah a) rendahnya hasil belajar siswa pada pelajar IPS pada pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan indonesia. b) guru kurang menggunakan metode yang tepat dalam pelajaran IPS. c) kurangnya keaktifan siswa dalam pelajaran IPS serta kurangnya komunikasi antar guru dan siswa. . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia di SD Negeri 106162 Medan Estate.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode STAD dalam mengajarkan IPS. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2011/2012 yang berjumlah 37 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD dikelas V SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2011/2012. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test Objektif, yaitu tes awal, post test I dan post tes II. Kemudian wawancara dan observasi penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan penggunaan Metode Eksperimen mulai dari tes awal, Siklus I dan Siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu padates awal dengan jumlah sisw sebanyak 37 orang dengan nilai rata-rata 39,72 dengan persentase sebesar 10.81% atau 4 orang siswa yang tuntas dalam belajar, kemudian siswa yang tidak tuntas dalam belajar pada saat tes awal terdapat 33 orang siswa dipersentasekan sebesar 89,19 %, kemudian pada siklus I diperoleh peningkatan yaitu 37 orang siswa dengan nilai rata-rata 61, 35 dengan ketuntasan belajar 56,75% atau 21 orang yang tuntas dalam belajar, dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar pada Siklus Iterdapat 16 orang siswa dipersentasekan sebesar 43,24%. dari perolehan Siklus I, masih ditindak lanjuti pada Siklus II, perolehan Siklus II dari 37 orang siswa dengan nilai rata-rata 91,89 hanya 34 orang siswa yang tuntas dalam belajar, dioersentasekan sebesar 83,78 dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar pada Siklus II terdapat 3 orang siswa, dipersentasekan sebesar 8.10%.Hasil di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD siswa lebih semangat belajar karena metode STAD dapat menciptakan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan. Dengandemikian pembelajaran IPS dengan menggunakan metode STAD dikelas V SD Negeri 106162 Medan Estate dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Mur m |
Keywords: | Hasil Belajar; IPS; Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7077 |