Sianturi, Okto Riama (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI NO. 064960 MEDAN POLONIA T.A.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313256 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
108313256 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
108313256 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
108313256 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
108313256 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313256 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
108313256 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (0B)
108313256 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
108313256 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
108313256 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
108313256 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarpada pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 064960 Jl. Karya Bakti II No. 71Kel. Sari Rejo Kec. Medan Polonia Kota Medan. Dengan rumusan masalahpenelitian ini adalah Apakah Dengan Menggunakan Metode Diskusi KelompokDapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika MateriSifat-Sifat Bangun Ruang Prisma Di Kelas V SD Neger i No. 064960 KecamatanMedan Polonia T.A. 2011/2012. Dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi kelompok pada pelajaranmatematika.Hipotesis yang diajukan adalah pembelajaran dengan menggunakanmetode diskusi kelompok pada pelajaran matematika materi sifat-sifat bangunruang prisma dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri no.064960 Medan Polonia T.A. 2011/2012.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas(Classroom Action Research) pendekatan penelitian yang dilakukan adalahpenelitian kualitatif yang mengarah kepada meningkatkan hasil belajar siswadengan menggunakan metode diskusi kelompok pada pelajaran matematika dikelas V SD Neger i no. 064960 Medan Polonia. Penelitian ini dilaksanakan padadua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri no. 064960Medan Polonia Tahun Ajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 40 orang.Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil rujukan dari kepala sekolah. Teknikpengumpulan data ini menggunakan teknik tes (penilaian) dan lembar observasiguru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus selama tiga bulan dan disetiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi.Hasil penelitian yang diperoleh dar i hasil belajar yaitu berdasarkan pre-tesyang dilakukan terhadap 30 siswa terdapat 27 orang (90%) siswa yangmendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 3 orang siswa(10%) yang termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada siklus I terdapat 12orang (40%) siswa yang termasuk kategori belum tuntas dan yang termasukkategori tuntas adalah sebanyak 18 orang (60%). Selanjutnya pada siklus II siswayang mendapatkan hasil belajar rendah adalah sebanyak 2 orang siswa (6,66%)dan yang termasuk kategori tuntas sebanyak 28 orang siswa (93,33%).Berdasarkan hasil penelitian mulai dar i pre-tes, postes siklus I dan postessiklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Diskusi Kelompok dapatmeningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika materi sifat-sifatbangun ruang prisma di kelas V SD Negeri No. 064960 Medan Polonia TahunAjaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sia m |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Diskusi kelompok; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7050 |