Nainggolan, Yuniarta Idayani (2012) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313412 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
108313412 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
108313412 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
108313412 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
108313412 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
108313412 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313412 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
108313412 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
108313412 BAB I.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
108313412 BAB V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
108313412 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematikasiswa yang dikarenakan oleh kurangnya disiplin belajar siswa serta kebiasaan belajarsiswa yang tidak teratur baik itu di rumah maupun di sekolah. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui seberapa besar hubungan antara disiplin belajar dengan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Neger i 106162Medan Estate tahun ajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106162Medan Estate dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VA yang berjumlah 35 orangsiswa. Variabel dalam penelitian ini adalah disiplin belajar sebagai variabel bebas danhasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengambilan data yang digunakandalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik kuesioner (angket) dandokumentasi. Teknik analisis datanya adalah dengan menggunakan rumus AnalisisKorelasi Product Moment, determinasi dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata disiplin siswa dalam belajarmatematika untuk keseluruhan indikator adalah 2,96 yang tergolong dalam kategoritinggi. Sedangkan hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 106162 MedanEstate tahun ajaran 2011/2012 diperoleh rata-rata 63,96 atau termasuk pada kategorisedang. Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antaradisiplin belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematikasiswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012. Hal inidapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi yakni nilai rhi tung = 0,624 sedangkan rtabel =0,344 dengan dk = n-2 pada taraf signifikan � = 0,05, jadi rhitung > r tabel. Sedangkankoefisien determinasi (besar hubungan) kedua variabel adalah 0,38938 atau 38,938%.Ini menunjukkan bahwa meningkat dan menurunnya hasil belajar siswa 38,938%disebabkan oleh disiplin belajar siswa , sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasilperhitungan uji t menunjukkan bahwa thitung = 4,58 sedangkan ttabel = 0,692 dengan dk= n-2 pada taraf signifikan � = 0,05, dengan demikian hipotesis yang menyatakanterdapat hubungan antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar siswa kelas VSD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2011/2012” teruji kebenarannya (Haditerima) dan signifikan karena thitung > ttabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nai h |
Keywords: | disiplin belajar; matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7026 |