Sari, Erni Gustika (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 101752 KLAMBIR LIMA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313093 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313093 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
108313093 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108313093 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
108313093 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313093 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313093 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
108313093 BAB I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
108313093 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
108313093 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususya pada materi Perkembangan Teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima yang berjumlah 40 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa hasil belajarnya masih rendah khususnya pada mata pelajaran IPS, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dan masing-masing pertemuan dilaksanakan dengan 2X35 menit. Alat pengumpul data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui kesesuaian tindakan dengan rencana yang telah disiapkan. Tes digunakan untuk mengumpulkan data untuk mengukur kemampuan siswa dalam aspek kognitif, atau tingkat penguasaan materi pelajaran. Dari hasil penelitian, siswa yang tuntas hasil belajarnya pada kondisi awal hanya 9 orang siswa (22,5%) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 31 orang siswa (77,5%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 46,25. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 23 orang siswa (57,5%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 17 orang siswa (42,5%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 65,75. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 36 orang siswa (90%) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang siswa (10%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 82,25. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh dari 40 orang siswa dapat di lihat bahwa setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri 101752 Klambir Lima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar u |
Keywords: | model kooperatif TPS; IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7021 |