Tama, Tirta Jasa (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI NO. 060955 MEDAN MARELAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313372 COVER.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
108313372 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
108313372 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
108313372 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
108313372 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
108313372 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
108313372 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
108313372 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
108313372 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
108313372 BAB I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
108313372 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
108313372 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Sains di kelas V SD Negeri N0.060955 Medan Marelan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains pada materi pokok proses daur air. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri N0. 060955Medan Marelan yang berjumlah 40 orang siswa. Penentuan subjek penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti. Dimana saat observasi, hampir seluruh siswa yang hasil belajarnya masih rendah khususnya pada pelajaran sains, sehingga peneliti berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilkukan dua kali pertemuan dan masing – masing pertemuan selama 35 menit. Dalam setiap siklus akan diberikan tes kepada siswa untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian, siswa yang tuntas hasil belajarnya pada kondisi awal hanya 6 orang siswa ( 15% ) dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 34 orang siswa ( 85% ) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 43,25. Setelah diadakan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 orang siswa ( 50% ) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 20 orang siswa ( 50%) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64,75. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar sebanyak 37 orang siswa ( 92,5% ). Dan 3 orang siswa ( 7,5% ) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 80. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V/A SD Negeri N0.060955 Medan Marelan. Dengan hasil yang diperoleh dari 40 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukanya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil belajar. Ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains materi pokok proses daur air di Kelas V SD Negeri N0.060955 Medan Marelan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Tam m |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif; sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7017 |