Siregar, Ida Hairani (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS IV MIS NURUL FADHILAH BANDAR SETIA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313132 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
108313132 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (795kB) | Preview
108313132 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
108313132 ABSTARAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
108313132 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
108313132 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313132 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
108313132 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313132 BAB I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
108313132 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
108313132 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif. penelitian ini bertujuan mengetahui bahwa dengan mengguanakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas VI MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materipenjumlaha pecahan di kelas IV MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia. Jumlah subjek dalam penellitian ini adalah sebanyak 30 siswa yang berasal dari kelas IV-B pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara member test.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan penelliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data pada test awal ( pretest) diperoleh dari 30 siswa, 6 siswa dengan persentase (20.00%) yang mencapai syarat ketuntasan bealajar dan 24 siswa dengan persentase (80.00%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 45.33. dan dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 17 siswa dari 30 siswa dengan persentase (57.70%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 13 siswa dengan persentase (42.30%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64.00. dari hasil tes pada siklus II diperoleh 26 siswa dari jumlah siswa 30 orang dengan persentase (86.67%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 4 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 83.33.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIS Nurul Fadhilah Bandar Setia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswapada materi penjumlahan pecahan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sir m |
Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Pembelajaran Kooperatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7010 |