Manjari, Ratih (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 163084 KECAMATAN PADANG HILIR KOTA TEBING TINGGI T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313272 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
108313272 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (0B)
108313272 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (0B)
108313272 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (159kB)
108313272 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
108313272 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
108313272 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
108313272 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
108313272 BAB I.pdf - Published Version
Download (0B)
108313272 BAB V.pdf - Published Version
Download (0B)
108313272 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 163084 Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi T.A. 2011/2012 yang berjumlah 38 siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. PadaInstrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar pengamatan(observasi) dan tes karangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dari 38 siswa rata-rata sebesar 46,18 dengan tingkat kemampuan yaitu sebanyak 9 siswa (23,68%) berhasil melaksanakan tes awal sedangkan 29 siswa (76,31%) belum berhasil setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil postest siklus I rata-rata sebesar 62,50 dengan tingkat kemampuan sebanyak 23 siswa (60,52%) berhasil melaksanakan tes sedangkan 15 siswa (39,47%) belum berhasil. Pelaksanaan yang dilakukan pada siklus I belum mencapai hasil yang maksimal, maka dilakukan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil postest siklus II dari 38 siswa rata-rata sebesar 79,47 dengan tingkat keberhsilan 35 siswa (92,10%) yang sudah mampu menulis karangan narasi dengan baik dan 3 siswa (7,89%) yang belum mampu menulis karangan narasi. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa di kelas IV SD Negeri 163084 Kecamatan Padang Hilir Kota Tebing Tinggi T.A. 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Man p |
Keywords: | Pembelajaran Picture and Picture; Menulis Karangan Narasi; |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Jul 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7007 |