Marito, Winanda (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MTS NEGERI 3 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136172091 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. 8136172091 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. 8136172091 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. 8136172091 PREFACE.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
5. 8136172091 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. 8136172091 TABLES.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. 8136172091 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. 8136172091 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
12. 8136172091 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
13. 8136172091 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh bahan ajar yang valid dan efektif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa (2) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar melalui bahan ajar yang dikembangkan dengan siswa yang diajar melalui pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diakhiri dengan quasi experiment (eksperimen semu). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang bahan ajar, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba untuk melihat efektivitasnya. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII MTs Negeri 3 Medan. Uji coba I di kelas VII6, uji coba II di kelas VII3. Bahan ajar yang valid dan efektif kemudian disebarkan ke kelas lain untuk menguji keefektifan sebelum disebarkan lebih luas. Penyebaran pada siswa kelas eksperimen di kelas VII1, dan siswa kelas kontrol di kelas VII2. Data dalam penelitian pada tahap penyebaran dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial. Analisis inferensial data untuk melihat perbedaan dilakukan dengan menggunakan analisis Kovarian (ANAKOVA). Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) Bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas Buku Guru = 4,6, Buku Siswa = 4,5, LKS = 4,7; (2) Bahan ajar yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajarkan dengan bahan ajar yang dikembangkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional. Berdasarkan hal tersebut tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajarkan dengan bahan ajar yang dikembangkan lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Mar p |
Keywords: | Pengembangan bahan ajar; Model pembelajaran guided inquiry; Kemampuan komunikasi matematik siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6980 |