Bangun Setia, Jansihar (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI METODE VISUAL AUDITORY KINESTETIK (VAK) DAN MODIFIKASI BOLA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIDAMANIK TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01.Cover.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02.Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
03. Abstrak.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
04.Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
05.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
05.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
06.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
09.BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar shooting dalam permainan sepakbola melalui metode visual auditori kinestetik dan modifikasi bola pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Ajaran 2015 / 2016. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan teknik shooting masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisa data dilakukandengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 20 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 55,55% dengan nilai rata-rata 64,58 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 16 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 44,44%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II dan memperbaiki kesalahan yang ada di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 36 orang siswa terdapat 31 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,11% dengan nilai rata-rata 78,44 dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa 13,88%. Kenaikan siklus I dan Siklus II adalah 55,55% meningkat menjadi 86,11%, atau meningkat sebesar 30,56%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode VAK dan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar shooting dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PJS 044 |
Keywords: | Metode VAK; Halekat modifikasi alat; Hakikat permainan sepak bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:52 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6979 |