Nasution, Cholizah (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI KELAS VIII SMP NEGERI 22 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171014 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. 8136171014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. 8136171014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4. 8136171014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. 8136171014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6. 8136171014 TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. 8136171014 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 8136171014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
12. 8136171014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. 8136171014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah siswa disebabkan oleh pembelajaran selama ini belum mengkonstruk kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Adapun upaya yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk: (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (3) mengetahui aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 22 Medan. Subjek Penelitian kelas VIII-1 Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 40 orang. Objek pada penelitian ini adalah pembelajaran yang menerapkan model pembelajran berbasis proyek untuk mengetahui peningkatan aktivitas aktif, kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II terdiri dari 8 pertemuan.
Adapun hasil penelitian ini dapat dilihat dari (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan rata- rata nilai pada siklus I adalah 64,69 yaitu 28 siswa yang memiliki peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pada siklus II meningkat menjadi 33 siswa dengan rata – rata 82,50% dan (2) terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan rata – rata nilai pada siklus I adalah 68,63% yaitu 30 orang siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan pada siklus II meningkat menjadi 34 siswa dengan nilai rata-rata 73,19 (3) kadar aktifitas aktif siswa pada siklus I terdapat tiga dari sembilan kriteria pengamatan yang berada pada batas toleransi waktu, sedangkan pada siklus II terdapat tujuh dari sembilan kriteria pengamatan yang berada pada batas waktu toleransi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 512.071 Nas u |
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif; Kemampuan pemecahan masalah matematis; Model pembelajaran berbasis proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6974 |