Shobrun, Yunus (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136171055 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. 8136171055 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
3. 8136171055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4. 8136171055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
5. 8136171055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. 8136171055 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. 8136171055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. 8136171055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
12. 8136171055 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. 8136171055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) mengetahui validitas, (2) kepraktisan dan (3) efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (2) mengetahui bagaimana peningkatan (4) kemampuan komunikasi matematis dan (5) motivasi belajar siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat kepraktisan dan efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi geometri. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X SMA Islam Al-Ulum Terpadu. Uji coba I di kelas X A dan uji coba II di kelas X B. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,34, LKS = 4,37, dan buku siswa = 4,30; (2) perangkat pembelajaran praktis, dilihat melalui total kemampuan guru mengelola pembelajaran = 4,02 dan respon positif siswa terhadap pembelajaran = 85,76%; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar yang dilihat melalui ketuntasan klasikal kemampuan komunikasi matematis = 86,4%; (4) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan = 0,54 atau kategori “Sedang” dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah kemampuan menginterpretasikan/ membaca informasi dari gambar, diagram atau tabel berdasarkan ide, pikiran dan pengetahuan dengan jelas dan tepat yakni 0,66; (5) peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan = 0,49 atau kategori “Sedang” dan motivasi belajar paling meningkat adalah motivasi ekstrinsik yakni 0,50.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sho p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran; Pembelajaran berbasis proyek; Autograph; Kemampuan komunikasi matematis; Motivasi belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Jul 2016 02:12 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6971 |