Mulriani, Dian (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR STRUKTUR DAN FUNGSI SEL SISWA SMA PAB 8 SAENTIS. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8136122011 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2.NIM 8136122011 LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3.NIM 8136122011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4.NIM 8136122011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5,NIM 8136122011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6.NIM 8136122011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7.NIM 8136122011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8.NIM 8136122011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9.NIM8136122011 BAB 1.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
13. NIM 8136122011 BAB V.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
14. NIM 8136122011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar struktur dan fungsi sel siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan STAD dan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas XI SMA PAB 8 Saentis; (2) perbedaan hasil belajar struktur dan fungsi sel kelompok siswa yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kecerdasan intelektual rendah pada siswa kelas XI SMA PAB 8 Saentis; dan (3) interaksi model pembelajaran dengan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar struktur dan fungsi sel pada siswa kelas XI SMA PAB 8 Saentis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA PAB 8 Saentis yang berjumlah 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 30 anak. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi dan tes kemampuan awal. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar struktur dan fungsi sel siswa kelas model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan STAD denganhasil belajar struktur dan fungsi selsiswa kelas model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Jigsaw dengan Fhitung> Ftabel (4,357>4,02); (2) terdapat perbedaan hasil belajar struktur dan fungsi sel siswa yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi dengan hasil belajar struktur dan fungsi sel siswa yang memiliki kecerdasan intelektual rendah dengan Fhitung> Ftabel (14,851>4,02); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar struktur dan fungsi sel dengan Fhitung> Ftabel (8,885>4,02) .Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan STAD dalam meningkatkan hasil belajar struktur dan fungsi sel siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kecerdasan intelektual siswa dalam pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Mul p |
Keywords: | Hasil belajar; Biologi; Model pembelajaran; Kecerdasan intelektual; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2016 03:20 |
Last Modified: | 27 Jul 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6919 |